11. Diketahui titik A(1, -2, -8) dan titik B(3, -4, 0). Titik P terletak pada perpanjangan AB sehingga Jika b ⃗ merupakan vektor posisi titik P, maka p ⃗ = ...
PEMBAHASAN:
Mari kita ilustrasikan soal tersebut dalam gambar:
JAWABAN: A
12. Jika besar sudut antara vektor p ⃗ dan vektor q ⃗ adalah 60 derajat, panjang p ⃗ dan q ⃗ masing-masing 10 dan 6, maka panjang vektor p ⃗ - q ⃗ = ...
a. 4
b. 9
c. 14
d. 2√17
e. 2√19
PEMBAHASAN:
Panjang vektor p ⃗ - q ⃗ adalah:
JAWABAN: E
13.
a. 4
b. 2
c. 1
d. 0
e. -1
PEMBAHASAN:
JAWABAN: D
14. Agar vektor a = 2i + pj + k dan b = 3i + 2j + 4k saling tegak lurus, maka nilai p adalah...
a. 5
b. -5
c. -8
d. -9
e. -10
PEMBAHASAN:
Vektor a dan b saling tegak lurus, maka a . b = 0
a . b = 0
2(3) + p(2) + 1(4) = 0
6 + 2p + 4 = 0
2p = -10
p = -5
JAWABAN: B
15. Vektor yang merupakan proyeksi vektor (3, 1, -1) pada (2, 5, 1) adalah ...
a. 3/10 (2, 5, 1)
b. 3 (3, 1, -1)
c. 1/30 (2, 5, 1)
d. 1/3 (2, 5, 1)
e. 1/3 (2, 5, -1)
PEMBAHASAN:
Rumus untuk mencari proyeksi vektor a ⃗ dan b ⃗ adalah:
JAWABAN: D
16. Nilai p agar vektor pi + 2j – 6k dan 4i – 3j + k saling tegak lurus adalah ...
a. 6
b. 3
c. 1
d. -1
e. -6
PEMBAHASAN:
Agar saling tegak lurus maka hasil kali kedua vektor tersebut haruslah nol.
( pi + 2j – 6k ) . ( 4i – 3j + k ) = 0
p(4) + 2 (-3) + (-6)(1) = 0
4p – 6 – 6 = 0
4p – 12 = 0
4p = 12
p = 3
JAWABAN: B
17.
JAWABAN: D
18. Diketahui titik A (5, 1, 3); B (2, -1, -1) dan C (4, 2, -4). Besar <ABC adalah ...
a. π
b. π/2
c. π/3
d. π/6
e. 0
PEMBAHASAN:
(AB) ̅ = (2 – 5, -1 – 1, -1 – 3) = (-3, -2, -4)
(CB) ̅ = (2 – 4, -1 – 2, -1 – (-4)) = (-2, -3, 3)
Besar <ABC adalah:
JAWABAN: B
19. Diketahui vektor ⃗tegak lurus terhadap v ⃗maka nilai a adalah ...
a. -1
b. -1/3
c. 1/3
d. 1
e. 3
PEMBAHASAN:
(6 – 3a)3 + (4 – 9a) 9 + (-2 + 12a)(-12) = 0
(18 – 9a) + (36 – 81a) + (24 – 144a) = 0
18 + 36 + 24 -9a – 81a – 144a = 0
78 – 234a = 0
234a = 78
a = 78/234
a = 1/3
JAWABAN: C
20. Jika maka tan θ adalah ...
a. 3/5
b. ¾
c. 4/3
d. 9/16
e. 16/9
PEMBAHASAN:
tan θ = 3/4 , ingat segitiga siku-siku
JAWABAN: B
0 comments:
Post a Comment